Interaksi guru dan siswa untuk membangun keaktifan siswa
Main Author: | Ijayanti, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5850/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5850/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5850/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5850/4/Praktik%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5850/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5850/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5850/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5850/ |
Daftar Isi:
- Interaksi guru dan siswa sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Hal ini berkaitan tentang keterlibatan aktif siswa di kelas. Ketika interaksi antara guru dan siswa kurang terjalin dengan baik maka siswa enggan untuk berpartisipasi aktif di kelas. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk menunjukkan bagaimana seharusnya interaksi antara guru dan siswa agar siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Kenyamanan siswa terhadap guru dapat mempengaruhi interaksi antara guru dengan siswa. Namun guru juga perlu membangun kepercayaan diri siswa dengan guru yang mengajar. Guru juga perlu menanamkan konsep diri siswa bahwa mereka adalah ciptaan Allah yang diberikan talenta, akal budi, dan potensi untuk dikembangkan. Hal itu akan mendorong siswa untuk memiliki keinginan dalam belajar. Melalui belajar siswa dapat mengembangkan kemampuan yang Tuhan anugerahkan. Siswa yang mau belajar akan terdorong aktif di kelas. Hal ini dapat disimpulkan bahwa interaksi yang membuat siswa nyaman dalam pembelajaran akan memicu siswa untuk mau belajar dan aktif di kelas. Oleh karena itu guru perlu memiliki interaksi yang membangun dengan siswa, dapat dilakukan dengan sharing/bercerita, mendoakan teman yang sakit, saling membantu, memotivasi siswa, menolong bagi yang mengalami kesusahan, dan lain-lainnya.