Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penulisan paper adalah Berdasarkan pengamatan di kelas dan jurnal refleksi yang penulis lakukan sebagai mahasiswa guru di kelas V, penulis menemukan sebagian besar siswa tidak mengikuti peraturan kelas dengan baik saat belajar mengajar. Selama proses belajar mengajar, ada yang saling mengobrol, tidur, beberapa bermain dan kurang perhatian kepada guru ketika menerangkan materi, sehingga kelas menjadi kurang kondusif. Ketika melihat masalah ini peneliti mencoba mengabungkan kedua metode reward dan punishment untuk mengatasi masalah ini. Tujuan penulisan adalah melihat apakah menerapkan metode reward dan punishment dapat mendisiplinkan siswa kelas V. Wawasan Alkitabiah adalah manusia jatuh dalam dosa dan cenderung melakukan hal yang kurang pantas, maka setiap metode pembelajaran yang ada dapat diterapkan untuk menolong setiap siswa. Metode yang diterapkan dalam pembelajaran ini merupakan praktek tindakan kelas, yang melibatkan 23 siswa kelas V. Hasil dan kesimpulannya adalah melalui praktek tindakan kelas yang dilakukan dengan penerapan kedua metode menunjukkan adanya perubahan kedisiplinan yang lebih baik pada siswa, dibanding pertama kalinya peneliti menemukan masalah kurangnya disiplin pada siswa kelas V. Saran yang dapat diberikan adalah sebagai guru Kristen harus mampu menciptakan metode pembelajaran yang baik agar mengekang dosa atau masalah siswa yang sering membawa mereka untuk jatuh ke dalam dosa.