Pemberian umpan balik untuk membangun konsep diri peserta didik
Main Author: | Mianitami, Ega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5838/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5838/2/Abstrak.pdf http://repository.uph.edu/5838/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5838/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5838/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5838/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5838/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5838/ |
Daftar Isi:
- Program pengalaman lapangan merupakan wadah yang dapat membantu dan memberikan pengalaman kepada calon guru. Pada pengalaman lapangan di salah satu Sekolah Dasar di Koja didapati sebagian siswa memiliki konsep diri yang kurang tepat. Hal ini terlihat dari siswa yang tidak percaya diri saat diminta mempraktikkan apa yang telah dicontohkan oleh guru. Konsep diri akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, karena konsep diri merupakan cara pandang terhadap diri sendiri. Penulisan ini bertujuan untuk membahas mengenai penggunaan umpan balik untuk membangun konsep diri siswa. Tuhan memakai guru untuk menolong siswa kembali kepada konsep diri yang benar, sehingga siswa dapat lebih percaya diri. Guru dapat membantu siswa untuk meningkatkan percaya diri melalui umpan balik yang dilakukan selama proses pembelajaran. Umpan balik digunakan sebagai bentuk motivasi sekaligus evaluasi kepada siswa, sehingga siswa dapat lebih baik pada pembelajaran selanjutnya. Pembelajaran dengan umpan balik positif dari guru memberikan perubahan pada tingkat percaya diri siswa saat mempraktikkan kegiatan menggiring dan melempar bola basket. Hal ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam menumbuhkan konsep diri yang benar pada siswa. Pemberian umpan balik positif selama pembelajaran dapat digunakan untuk membantu siswa memiliki konsep diri yang benar.