Daftar Isi:
  • Kepuasan kerja sangat penting, karena Robbins (2003) mengatakan bahwa ketidakpuasan dalam bekerja akan mengakibatkan absenteeism dan turnover yang dapat merugikan perusahaan. Salah satu yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja seseorang adalah kepribadian. Riggio (2003) mengatakan bahwa, perbedaan kepribadian seseorang dapat mempengaruhi kepuasan kerja pada karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism, dan openness to experience dimensi The Big Five Personality dan kepuasan kerja pada karyawan call center di PT. VADS Indonesia. Penelitian dilakukan di PT VADS Indonesia, teknik sample yang dilakukan yaitu sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan call center di PT VADS Indonesia berusia 20-40 tahun yang bekerja di Jakarta. Responden yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 206 responden. Berdasarkan uji korelasi didapatkan hasil bahwa adanya hubungan yang signifikan antara dimensi The Big Five Personality dan kepuasan kerja pada karyawan call center. Hasil ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi r = 0.328 dan nilai signifikasi p = 0.000 untuk hubungan conscientiousness dan kepuasan kerja. Dimensi extraversion memiliki koefisien korelasi r = 0.273 dan nilai signifikasi p = 0.000 dengan kepuasan kerja. Dimensi agreeableness memiliki koefisien korelasi r = 0.301 dan nilai signifikasi p = 0.000 dengan kepuasan kerja. Dimensi neuroticism memiliki koefisien korelasi r = - 0.189 dan nilai signifikasi p = 0.013 dengan kepuasan kerja dan untuk dimensi openness to experience memiliki koefisien korelasi r = 0.211 dan nilai signifikasi p = 0.005 dengan kepuasan kerja. Dari hasil korelasi tersebut dapat dilihat bahwa nilai korelasi dari dimensi conscientiousness memiliki korelasi tertinggi dari dimensi The Big Five Personality lainnya dengan kepuasan kerja. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dimensi conscientiousness yang memiliki ciri seperti mampu menghadapi kehidupan, percaya diri yang tinggi, patuh pada prinsip yang dimilikinya, mengikuti peraturan yang berlaku, pekerja keras, mampu memberikan motivasi pada dirinya sendiri, dan berhati-hati dalam mengambil keputusan merupakan dimensi kepribadian yang cocok untuk dimiliki karyawan call center dan merupakan ciri kepribadian yang akan memiliki kepuasan kerja yang tinggi.