Kajian mengenai kepercayaan diri guru dalam membangun interaksi pembelajaran kelas xi IPA pada pembelajaran biologi
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di dalam kelas melibatkan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai anak didik, sehingga adanya suatu interaksi pembelajaran yang baik sangat diperlukan selama proses pembelajaran. Interaksi pembelajaran yang baik ditunjukkan dengan suasana pembelajaran yang efektif dan tidak canggung. Namun, penulis mengamati sikap pasif siswa dalam pembelajaran, dimana sikap pasif kurang mendukung pembelajaran yang kondusif dan efektif. Untuk itu, peran guru dalam melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sangat diperlukan. Peran guru dalam melibatkan siswa secara aktif memerlukan adanya rasa percaya diri guru dalam membangun interaksi dengan siswa. Rasa percaya diri guru yang tercakup dalam kompetensi kepribadian guru tentunya memiliki pengaruh dalam pembelajaran. Makalah ini ditulis untuk menjelaskan pengaruh kepercayaan diri guru dalam membangun interaksi pembelajaran, faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri, dan pengaruhnya dalam kualitas pembelajaran. Sehingga disimpulkan bahwa interaksi pembelajaran yang baik di dalam kelas diwujudkan dengan kepercayaan diri guru dalam mengajar. Guru Kristen merupakan manusia yang diciptakan segambar dan serupa dengan Allah, jatuh ke dalam dosa, namun telah ditebus oleh Yesus Kristus. Untuk itu, seharusnya seorang guru Kristen tidak seharusnya bergumul dalam perasaan rasa percaya diri yang rendah, namun memiliki kesadaran dengan kemampuan yang telah Tuhan percayakan untuk mengajar dan membimbing siswa untuk semakin serupa dengan Kristus.