Upaya membangun pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika melalui peran guru
Main Author: | Sagala, Ozy Sentoso |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5774/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5774/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5774/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5774/4/Praktik%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5774/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5774/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5774/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5774/ |
Daftar Isi:
- Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Kemampuan pemahaman konsep akan membantu siswa untuk mengembangkan cara berpikir, sehingga pada akhirnya pemahaman konsep yang dimiliki mampu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya ditemukan fakta bahwa tingkat pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah X pada kelas VII G masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil observasi, hasil tes formatif, dan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika yang diberikan. guru sebagai pendidik memiliki tanggung jawab dalam menghadapi masalah tersebut. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengkaji peran seorang guru dalam upaya membangun pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Yesus adalah teladan bagi guru sebagai pendidik untuk menggembangkan, membimbing, menuntun, serta memfasilitasi setiap siswa menggunakan talenta yang dimiliki. Oleh karena itu, guru harus mampu berperan sebagai pembimbing melalui bimbingan tambahan atau pemberian tutorial kepada siswa yang mengalami kesulitan serta didukung dengan guru berperan sebagai fasilitator melalui penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga atau power point yang tersusun dalam strategi pembelajarn. Berdasarkan pemaparan di atas, maka disarankan untuk penelitian berikutnya lebih mengkaji peran guru secara menyeluruh. Sehingga, guru mampu untuk lebih memahami dan tahu bagaimana peran guru dalam mendidik setiap siswa.