Pengaruh pengelolaan kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas xi ipa 3
Main Author: | Sari, Diana Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5753/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5753/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5753/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5753/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5753/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5753/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5753/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5753/ |
Daftar Isi:
- Masalah disiplin siswa dalam kelas merupakan hal yang masih sering ditemui oleh guru di dalam kelas. Masalah ini terjadi karena beberapa faktor baik dari siswa yang pada dasarnya memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda atau bahkan dari guru sendiri yang kurang mampu dalam menciptakan suasana kelas yang menarik dan kondusif untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh pengelolaan kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa XI IPA 3 di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan studi lapangan dan studi literatur yaitu dengan mengumpulkan data berdasarkan hasil penelitian di lapangan dan sumber buku-buku atau jurnal. Fakta-fakta yang diperoleh dari studi lapangan akan dianalisis dengan menggunakan studi pustaka. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa pengelolaan kelas yang baik dapat meningkatkan kedisiplinan siswa meskipun tidak secara langsung dapat mengubah siswa karena hal ini tidak bisa dilihat hanya dengan dua atau tiga kali pertemuan saja. Hal ini membutuhkan waktu beberapa kali pertemuan untuk melihat bagaimana perkembangan siswa apakah hasilnya semakin meningkat setiap pertemuan atau tidak. Hasil penelitian yang diperoleh, penulis melihat bahwa kedisiplinan siswa kelas XI IPA 3 sejak dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua dengan waktu enam jam menunjukkan peningkatan.