Peranan guru dalam mendidik siswa menaati rules and procedures kelas sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan
Main Author: | Tambunan, Pesta Ria Rejeki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5745/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5745/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5745/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5745/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5745/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5745/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5745/ |
Daftar Isi:
- Allah menciptakan manusia segambar dan serupa dengan Allah sehingga manusia mampu mencerminkan Allah di dalam kehidupannya. Manusia mampu mencerminkan Allah melalui sikapnya. Bersikap positif merupakan salah satu sikap yang menyenangkan hati Allah karena sikap positif menjadi dasar pembentukan kepribadian dan karakter seseorang. Dalam dunia pendidikan salah satu sikap positif yang harus dibentuk dalam diri siswa adalah sikap disiplin. Kejatuhan manusia ke dalam dosa mengakibatkan sikap manusia tidak lagi menyenangkan Allah. Data penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tidak mampu bersikap disiplin karena kurang memiliki kesadaran untuk menaati rules and procedures kelas. Kurangnya kesadaran dalam diri siswa menuntut guru harus berperan dalam mendidik siswa selama di sekolah. Guru mendidik sikap siswa berdasarkan etika Kristen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peranan guru dalam mendidik siswa menaati rules and procedures kelas sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peranan guru mendidik siswa seperti mengarahkan, membimbing sangat dibutuhkan untuk mendidik siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam menaati dan menggunakan rules and procedures kelas sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan. Saran yang dapat diberikan penulis adalah guru harus menjalankan peranannya secara konsisten khususnya pada saat penerapan rules and procedures kelas sehingga penerapan rules and procedures dapat berfungsi efektif membantu siswa lebih disiplin.