Daftar Isi:
  • Biologi mempelajari berbagai bentuk kehidupan yang telah diciptakan Allah dengan kompleks dan penuh keteraturan. Pemahaman konsep diperlukan untuk dapat mempelajari kehidupan yang kompleks tersebut. Hasil Program Pengalaman Lapangan 2 di salah satu SMA Kristen di Jakarta Barat justru menunjukkan pemahaman konsep siswa yang masih rendah terhadap materi pelajaran Biologi. Model PBL menjadi salah alternatif yang dapat diterapkan sebagai solusi dalam menguatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan penulisan proyek akhir ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model PBL dalam menguatkan pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep tidak berhenti pada usaha memperoleh pengetahuan. Lebih dari itu, pengetahuan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran harus membawa siswa semakin yakin dan kagum akan Allah yang adalah sumber pengetahuan itu sendiri. Metode penulisan proyek akhir ini menggunakan kajian literatur. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah penerapan model PBL dalam menguatkan pemahaman konsep siswa yaitu: 1) orientasi pada topik pembelajaran; 2) orientasi permasalahan; 3) mengorganisasi siswa dalam belajar; 4) membimbing pengalaman belajar; 5) mengembangkan atau mempresentasikan; 6) memberikan kesimpulan dan evaluasi. Sebagai saran, sebaiknya penulisan selanjutnya dapat memberikan perbandingan data hasil penelitian antara model PBL dengan model pembelajaran lainnya berkaitan dengan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa.