Manfaat penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran tematik untuk siswa kelas V sekolah dasar
Main Author: | Malendes, Brian Dirk |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5733/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5733/2/Abstrack.pdf http://repository.uph.edu/5733/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5733/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5733/5/Kajian%20Filosofi%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5733/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5733/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5733/ |
Daftar Isi:
- Adanya sikap kurang percaya diri siswa, dengan ciri-ciri tindakan yaitu sikap gugup ketika berbicara di depan kelas, ragu dalam menyampaikan pendapat, dan cenderung diam ketika kegiatan diskusi. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan metode yang sesuai dengan kondisi siswa dan pembelajaran tematik yaitu metode bermain peran. Harapannya dari penerapan metode bermain peran ini dapat memberikan manfaat bagi siswa. Maka, tujuan dari penulisan ini adalah untuk memaparkan manfaat yang ditemukan setelah diterapkannya metode bermain peran dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD. Metode-metode pembelajaran menjadi salah satu upaya yang dapat digunakan untuk membantu siswa mengembangkan potensi yang dikaruniakan oleh Tuhan dalam dirinya. Untuk itu, guru dapat membantu pertumbuhan siswa, dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat. Manfaat yang didapat setelah menerapkan metode bermain peran dalam pembelajaran tematik untuk siswa kelas V SD adalah siswa aktif dalam berdiskusi, antusias, dapat menghayati peran, berbicara dengan jelas, dapat menentukan pilihan, dan percaya diri. Saran dari peneliti adalah perlu adanya penilaian yang jelas dalam memilih metode pembelajaran yang tepat, agar pendidik dapat mengetahui ketepatan metode yang dipilih, sehingga dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.