Manajemen kelas guru dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap pembelajaran kimia
Main Author: | Gea, Almosen Eli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5718/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5718/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5718/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5718/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5718/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5718/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5718/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5718/ |
Daftar Isi:
- Kedisiplinan sangat diperlukan di dalam pembelajaran kimia. Kurangnya keterampilan dan keahlian guru dalam memanajemen kelas kimia akan mengakibatkan sulitnya mengatasi perilaku buruk siswa salah satunya ketidakdisiplinan. Maka untuk mengatasi hal ini diperlukanlah guru yang mampu mengelola kelas dengan baik. Melalui peran guru sebagai pengelola kelas akan menuntun siswa semakin hari mengalami perubahan perilaku untuk semakin serupa dengan Kristus, sehingga pada akhirnya siswa menyadari bahwa dirinya berharga dan akan memaksimalkan potensi dirinya sebagai ciptaan Tuhan. Berdasarkan kajian literatur, tulisan ini bertujuan untuk membahas manajemen kelas guru dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap pembelajaran kimia. Hasilnya menunjukkan bahwa manajemen kelas guru memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap pembejaran kimia. Hal ini dapat dicapai apabila dalam kelas guru menjadi teladan disiplin, menguasai materi kimia, menerapkan peraturan disertai konsekuensi, serta menjalankan kedua keterampilan manajemen kelas berkaitan dengan pembelajaran optimal secara konsisten, sehingga mampu mencegah dan mengatasi perilaku buruk siswa selama pembelajaran. Penulis menyarankan untuk para pembaca yang hendak meningkatkan kedisiplinan siswa agar selalu menjalankan tahapan manajemen kelas dengan konsisten, dan untuk penulis lain yang juga mengkaji tentang manajemen kelas, sebaiknya memberikan batasan terlebih dahulu sebelum melakukan proses pengkajian.