Penerapan metode diskusi kelompok yang efektif untuk siswa smp pada pembelajaran biologi dalam pendidikan Kristen
Main Author: | Mendrofa, Melvina Swasti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5711/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5711/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5711/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5711/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5711/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5711/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5711/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5711/ |
Daftar Isi:
- Pada pembelajaran biologi siswa dituntut untuk berkontribusi aktif selama kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan dapat menggunakan metode pembelajaran yang membuat siswa terlibat aktif dalam kelompok belajar. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode diskusi kelompok dengan menggunakan prinsip pembelajaran kolaboratif. Hasil kuesioner yang diberikan kepada siswa menunjukan bahwa kebanyakan siswa tidak melakukan kegiatan diskusi kelompok. Salah satu alasan siswa tidak melakukan kegiatan diskusi kelompok karena terdapat teman kelompok yang tidak dapat diajak kerja sama. Hal ini disebabkan oleh faktor usia, motivasi belajar, dan peran guru. Tujuan penulisan kajian literatur ini adalah mengkaji tentang penerapan metode diskusi yang efektif untuk siswa SMP pada pembelajaran biologi dalam pendidikan Kristen. Melalui metode diskusi kelompok dengan prinsip pembelajaran kolaboratif, siswa mampu bekerja dan membangun relasi yang baik dengan komunitas. Kesimpulannya adalah penerapan metode diskusi kelompok yang efektif untuk siswa SMP pada pembelajaran biologi dalam pendidikan Kristen adalah dengan melaksanakan langkah-langkah metode diskusi kelompok secara keseluruhan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan prinsip pembelajaran kolaboratif. Pada pelaksanaan diskusi, siswa diharapkan memberikan kontribusi, mengoptimalkan talenta yang diberikan Tuhan untuk saling melengkapi, dan menghargai perbedaan anggota kelompok sebagai ciptaan Allah yang unik. Saran penulis untuk penulis selanjutnya, yaitu mengkaji motivasi belajar yang mempengaruhi siswa berkontribusi aktif dalam diskusi.