Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendasar bagi kehidupan siswa untuk dapat meningkatkan kualitas hidupnya melalui proses belajar. Belajar merupakan proses perubahan perilaku siswa untuk menghasilkan pengalaman dan interaksi dengan sesamanya. Namun, dalam proses pembelajaran ditemukan hambatan-hambatan siswa dalam belajar matematika. Hambatan-hambatan tersebut dapat berupa hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal muncul dalam diri siswa yang meliputi aspek intelektual berupa minat, motivasi belajar dan kondisi fisik siswa. Hambatan eksternal muncul dari luar diri siwa yang meliputi kondisi sosial siswa, berupa lingkungan, sekolah, perekonomian keluarga, dan masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada guru mentor, wali kelas, dan bidang kesiswaan. Tujuan penulisan proyek akhir ini adalah untuk menemukan hambatan yang dialami siswa dan mengetahui bagaimana sekolah, guru, dan orangtua mengatasi hambatan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan hambatan yang dialami oleh siswa dalam proses belajar matematika ialah kurangnya pemahaman konsep dan juga motivasi yang dimiliki siswa serta langkah yang telah dilakukan oleh pihak sekolah melalui guru dalam memberikan pembelajaran tambahan dan orangtua diharapkan dapat memberikan pengawasan kepada siswa ketika berada dirumah.