Fungsi guru sebagai fasilitator dalam kelas heterogen pada proses pembelajaran matematika
Main Author: | Sepryani, Titiek Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5684/1/A%20TITLE.pdf http://repository.uph.edu/5684/2/B%20ABSTRACK.pdf http://repository.uph.edu/5684/3/C%20ToC.pdf http://repository.uph.edu/5684/4/D%20Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5684/5/E%20Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5684/6/F%20Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5684/ |
Daftar Isi:
- Kajian literatur ini dilakukan setelah penulis melihat keberagaman yang terjadi dalam suatu kelas dimana proses pembelajaran berlangsung. Heretogenitas yang terjadi terkhusus pada kemampuan kognitif para peserta didik, dan hal tersebut berpengaruh pada kemampuan afektif, serta kemampuan spikomotorik peserta didik dalam proses pembelajaran. Beberapa peserta didik yang memiliki kemampun kognitif yang baik, juga memiliki kemampuan keaktifan yang sangat jauh dibandingkan peserta didik yang kesulitan dalam proses pembelajaran matematika. Beberapa peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif rendah cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Sebaliknya, beberapa dari peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif sedang aktif berbicara dalam kelas. Hal tersebut menimbulkan kondisi kelas yang kurang kondusif untuk sebuah proses pembelajaran. Oleh karena itu tujuan kajian literatur ini bertujuan untuk memaparkan fungsi guru sebagai fasilitator di dalam kelas heterogen, pada proses pembelajaran matematika, demi menunjang keberlangsungan proses pembelajaran yang kondusif dan tujuan dari pengajaran juga tercapai, serta hasil dari pembelajaran dapat diterima atau dipahami secara merata oleh para peserta didik dalam kelas tersebut. Hasil dari kajian litelatur ini adalah pemaparan fungsi-fungsi dari pendidik selaku fasilitator dalam kelas heterogen pada proses pembelajaran matematika sehingga peserta didik secara keseluruhan paham mengenai konten matematika tetapi para peserta didik mampu mengambil pelajaran hidup serta dalam kehidupan kedepannya peserta didik mampu menjadi berkat untuk orang lain.