Pengaruh pembelajaran responsi pada mata kuliah Kalkulus II terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FIP UPH
Daftar Isi:
- Pencapaian profil lulusan yang menjadi tujuan program studi Pendidikan Matematika FIP UPH adalah menyiapkan calon guru yang memiliki karakter, panggilan, dan kompetensi serta lulusan yang dapat berperan sebagai seorang guru Matematika yang menguasai konsep pengetahuan. Namun dalam pencapaian profil lulusan program studi Pendidikan Matematika FIP UPH belum memuaskan, karena masih terdapat hasil belajar pada beberapa mata kuliah matematika yang rendah, khususnya pada mata kuliah Kalkulus II. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka program studi Pendidikan Matematika FIP UPH melakukan kegiatan akademik terstruktur yaitu pembelajaran responsi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran responsi pada mata kuliah Kalkulus II terhadap hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FIP UPH. Metode penelitian yang digunakan adalah control group post test only design. Sampel penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah Kalkulus II pada tahun pelajaran 2015/2016 sebagai kelompok kontrol dan mahasiswa program studi Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah Kalkulus II pada tahun pelajaran 2016/2017 sebagai kelompok eksperimen. Setelah dilakukan proses pembelajaran responsi diperoleh rata-rata postes kelas Kontrol adalah 67,09 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata postesnya adalah 72,72. Peningkatan hasil belajar ini dilihat dari hasil analisis uji t, diperoleh keputusan uji hipotesisnya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.