Pengaruh servant leadership, model manajemen konflik, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Sekolah ABC

Main Authors: Hidayat, Dylmoon, Listiani, Tanti, Pala'langan, Alvin Y.
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pelita Harapan , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uph.edu/5675/1/191203%20LPJ%20Penelitian%20alvin%20Pengaruh%20MMK-KK.pdf
http://repository.uph.edu/5675/7/Penyerahan%20Hak%20Lisensi-Pengaruh%20servant%20leadership%2C%20model%20manajemen%20konflik%2C%20dan%20kepuasan%20kerja%20terhadap%20kinerja%20guru%20di%20Sekolah%20ABC.pdf
http://repository.uph.edu/5675/
Daftar Isi:
  • Kinerja guru merupakan sebuah tanggung jawab yang harus diselalu dimaksimalkan oleh guru di dalam perannya mendidik siswa. Seorang guru yang mengetahui panggilannya di dalam bekerja tentunya akan mengusahakan yang terbaik di dalam setiap hal yang dikerjakannya. Menjawab panggilan Tuhan sebagai seorang guru juga tentunya berkaitan dengan bagaimana kinerja ditunjukkan selama proses bekerja. Kinerja guru di dalam sekolah tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti puas atau tidaknya guru dalam melakukan pekerjaannya, model kepemimpinan yang dipakai oleh kepala sekolah, juga model penanganan konflik oleh kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadership, model manajemen konflik, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada sebuah sekolah ABC di kawasan Tangerang dengan subjek penelitian sebanyak 60orang. Desain penelitian yang digunakan adalah analisa jalur dengan pendekatan kuantitatif. Pengolahan data akan menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) servant leadership berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja (0.306); (2) terhadap model manajemen konflik (0.549); (3) terhadap kinerja guru (0.447); (4) manajemen konflik berpengaruh positif terhadap kinerja guru (0.445); (5) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru (0.291).