Daftar Isi:
  • Seorang pemimpin pelayan menjalankan kepemimpinan dengan tidak mengejar kepentingan pribadi tetapi berusaha untuk mengupayakan yang terbaik bagi kemajuan organisasi dan orang-orang yang dipimpinnya. Kepemimpinan pelayan dapat mendorong kepuasan dan kepercayaan orang yang dipimpinnya. Selain itu, iklim organisasi yang baik juga turut memicu kepuasan dan kepercayaan anggota terhadap organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh servant leadership, iklim organisasi, dan kepuasan kerja terhadap kepercayaan organisasi guru di Sekolah Lentera Harapan Curug. Desain penelitian ini menggunakan analisis jalur dan pengolahan data dibantu sofware SmartPLS dengan subjek penelitian 50 responden. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) servant leadership berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja (0.31); (2) iklim organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja (0.43); (3) servant leadership berpengaruh positif terhadap kepercayaan organisasi (0.38); (4) iklim organisasi berpengaruh positif terhadap kepercayaan organisasi (0.32); dan (5) kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kepercayaan organisasi (0.24).