Pemberian Motivasi Belajar Melalui Reward and Consequence Untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif
Main Author: | Megasari, Tantri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5659/1/TITLE.pdf http://repository.uph.edu/5659/2/ABSTRAK.pdf http://repository.uph.edu/5659/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5659/4/PRAKTIK%20PENDIDIKAN.pdf http://repository.uph.edu/5659/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5659/6/BIBLIOGRAFI.pdf http://repository.uph.edu/5659/7/LAPIRAN.pdf http://repository.uph.edu/5659/ |
Daftar Isi:
- Siswa sebagai ciptaan Allah memiliki keunikan yang menyebabkan adanya perbedaan dalam segi pengetahuan maupun sikap dalam belajar. Siswa Sekolah Dasar memasuki masa akhir kanak-kanak yang merupakan masa penting bagi anak untuk bersosialisasi dan menerima banyak pengetahuan, namun pada masa ini juga siswa memasuki masa usia bermain. Kejatuhan manusia membuat arah gerak manusia melenceng, ini menyebabkan siswa terkadang tidak mengikuti pembelajaran dengan baik. Selama proses pembelajaran kemauan siswa untuk belajar dipengaruhi oleh motivasi dalam diri sendiri untuk belajar, namun motivasi intrinsik setiap siswa berbeda. Oleh sebab itu guru memiliki peran untuk memberi motivasi belajar kepada siswa agar semangat siswa dalam belajar meningkat, reward dan consequence merupakan cara yang dapat digunakan oleh guru untuk memberi siswa motivasi. Tujuan penulisan proyek akhir ini adalah melihat penggunaan reward dan consequence dalam memotivasi siswa untuk mewujudkan pembelajaran efektif. Proyek akhir ini ditulis menggunakan metode kajian literatur dan pengumpulan data menggunakan kuesioner, refleksi, lembar observasi dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa siswa termotivasi untuk belajar ketika guru menerapkan reward dan consequence dikelas. Pemberian reward dan consequence perlu diperhatikan agar siswa tidak memiliki motivasi yang salah terhadap reward dan consequence. Untuk penelitian selanjutnya penyusunan indikator kuesioner perlu disusun dengan baik.