Penerapan numbered heads together untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V Sekolah Dasar
Main Author: | Tinambunan, Rosta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5645/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5645/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5645/3/ToC%20.pdf http://repository.uph.edu/5645/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5645/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5645/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5645/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5645/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan sebagai wadah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki setiap individu melalui pembelajaran. Pentingnya perencanaan untuk mencapai pembelajaran yang efektif. Maka, guru perlu merancang pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Hal ini bertujuan mendorong siswa agar aktif dalam belajar karena salah satu kunci keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran adalah keaktifan siswa. Namun, pada pelaksanaannya berdasarkan pengalaman mengajar penulis melihat sebagian besar siswa kelas V A Sekolah Dasar pasif dalam belajar. Masalah ini menggangu proses pembelajaran. Oleh sebab itu, guru memberikan upaya melalui penerapan metode pembelajaran Numbered Heads Together. Adapun tujuan dari penulisan ini untuk memaparkan penerapan pembelajaran Numbered Heads Together dan keaktifan belajar siswa melalui penerapan Numbered Heads Together di kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan data yang diperoleh yaitu dari umpan balik mentor, jurnal refleksi, dan instrumen penilaian sikap menunjukkan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pencapaian indikator keaktifan belajar melalui respon yang diberikan oleh siswa. Sebagai kesimpulan, guru harus memahami pentingnya penggunaan metode yang tepat dalam mengajar. Hal ini menunjukkan tanggung jawab dari seorang guru atas amanat yang Tuhan berikan dengan menolong siswa mengembangkan karunia yang Tuhan berikan dengan baik.