Daftar Isi:
  • Guru dan siswa merupakan pelaku utama dari pendidikan. Di dalam pendidikan terjadi interaksi antara guru dan siswa. Interaksi guru dan siswa merupakan salah satu faktor pembentukan keaktifan siswa di dalam kelas karena di dalam interaksi dapat mengurangi kesenjangan antara guru dan siswa. terlebih pada kelas matematika yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Namun yang terjadi selama penulis melaksanakan PPL di salah satu kelas XI jurusan IPA di sebuah SMA swasta di Yogyakarta, penulis mendapati siswa yang kurang aktif dalam merespons pembelajaran yang telah dirancangkan oleh penulis. Ketidakaktifan siswa ditunjukkan oleh siswa yang lebih memilih untuk mengobrol dengan teman, mengganggu teman, tidur, dan bahkan menentang guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penulisan proyek akhir ini adalah penulis ingin menunjukkan pentingnya guru berinteraksi dengan siswa dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Proyek akhir ini dilakukan dengan pendekatan studi literatur serta pengambilan data melalui hasil dari PPL yang dilakukan oleh penulis. Kesimpulan dari proyek akhir ini adalah interaksi guru dan siswa penting dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPA dalam pembelajaran matematika. Penulis menyarankan agar guru semakin memperbanyak interaksi dengan siswa.