Upaya mengembangkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran temuan terbimbing
Main Author: | Mendrofa, Ferminto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5595/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5595/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5595/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5595/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5595/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5595/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5595/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5595/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi mengajar dan wawancara dengan salah satu guru di salah satu sekolah Kristen di Curug, penulis menyimpulkan bahwa rasa ingin tahu siswa kelas VIII SMP di sekolah tersebut pada topik tentang tumbuhan masih sangat rendah. Masalah ini menjadi tantangan bagi guru Kristen dalam memahami kebutuhan serta mengembangkan potensi siswa sebagai gambar dan rupa Allah. Guru Kristen berperan untuk memfasilitasi proses belajar siswa dengan menciptakan suasana pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan berbagai potensi siswa. Makalah ini ditulis untuk mengetahui penerapan model pembelajaran temuan terbimbing dalam mengembangkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran Biologi, khususnya pada topik pertumbuhan pada tumbuhan. Berdasarkan hasil kajian literatur yang dilakukan, model pembelajaran temuan terbimbing mampu mengembangkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran Biologi. Model ini melibatkan peran guru dalam memandu siswa menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri melalui sebuah topik spesifik yang disajikan melalui serangkain proses ilmiah. Tahapan-tahapan penerapan model ini terdiri dari stimulasi, pengajuan hipotesis, pengumpulan data, pengolahan data, presentasi, dan verifikasi. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut, penulis telah merancang sebuah penerapan model pembelajaran temuan terbimbing dengan topik pertumbuhan pada tumbuhan yang dapat mengembangkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran Biologi. Penulis selanjutnya disarankan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran ini pada pembelajaran-pembelajaran lain.