Daftar Isi:
  • Peran guru dalam mengajar dapat memengaruhi motivasi belajar siswa, karena guru adalah faktor dominan berhasilnya suatu pembelajaran ditinjau dari cara guru mengekspresikan diri serta menyediakan media maupun metode yang tepat untuk mendorong siswa memiliki motivasi belajar. Siswa merupakan generasi muda yang sangat dibutuhkan di masa yang akan datang, untuk itu perlu untuk membangun motivasi belajar yang kuat dalam diri siswa agar siswa terus termotivasi untuk mencapai aspirasinya. Namun, yang terjadi adalah guru kurang memaksimalkan diri, media, serta metode pembelajaran yang tepat dalam mengajar sehingga mengakibatkan motivasi siswa untuk belajar rendah. Untuk itu, yang menjadi tujuan penulis adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam membangun motivasi siswa melalui model PAKEM. Peran guru pun tidak hanya bergantung pada metode serta media yang menarik dalam mengajar, guru harus memiliki jiwa yang semangat dan mau terus belajar mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar. Ketika guru menerapkan pembelajaran kreatif dalam model PAKEM, siswa antusias dalam belajar, terlibat di setiap kegiatan dan kelas menjadi lebih menyenangkan, namun hasilnya belum maksimal. Adapun saran penulis dilihat dari hasil penerapan, yaitu agar guru atau peneliti berikutnya, dapat menerapkannya dalam jangka waktu yang cukup serta menambahkan instrumen lain untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan terukur secara statistik dalam peningkatan motivasi belajar siswa.