Peran guru meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran pendidikan agama kristen melalui diskusi kelompok
Main Author: | Saragih, Pupita Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5527/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5527/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5527/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5527/8/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5527/6/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5527/5/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5527/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5527/ |
Daftar Isi:
- Siswa adalah makhluk istimewa diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Siswa sebagai Image of God, ialah makhluk logis yang mampu mengetahui dan mengenal kebenaran. Pendidikan merupakan kegiatan yang terencana untuk membawa manusia mencapai kedewasaan dalam setiap aspek kehidupan khususnya dalam imannya. Harapan semua orang ialah pendidikan berjalan dengan efektif sehingga tujuannya untuk mendewasakan siswa tercapai. Peranan guru, partisipasi aktif siswa, serta pemilihan metode dan penggunaan sarana prasarana merupakan aspek yang dibutuhkan agar pendidikan berjalan dengan efektif. Faktanya proses pembelajaran mengikuti metode yang lazim dilakukan yaitu guru menyampaikan ceramah secara teoritis, memberikan tugas kemudian memberikan tes akhir. Pola ini akan terus berulang pada kegiatan belajar mengajar di kelas termasuk pada pelajaran PAK. Akibatnya, siswa cenderung pasif dalam kelas. Pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa menjadi solusi atas masalah diatas. Kajian literatur ini bertujuan untuk melihat pengaruh peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa khususnya siswa Sekolah Dasar (SD) kelas rendah melalui penggunaan diskusi kelompok. Guru berperan penting dalam meningkatkan keaktifan siswa melalui diskusi kelompok yaitu sebagai guider, fasilitator, dan pengawas dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada guru untuk melakukan penerapan metode diskusi kelompok di dalam kelas agar hasil yang diperoleh lebih akurat.