Daftar Isi:
  • Matematika penting untuk dipelajari oleh siswa dalam membentuk cara berpikir yang logis dan terstruktur. Proses pembelajaran diharapkan dapat ditempuh dengan mudah oleh siswa demi tercapainya tujuan belajar matematika. Namun, seringkali proses pembelajaran matematika yang dialami oleh siswa mengalami kesulitan. Hal ini bisa disebabkan oleh karena cara guru mengelola pembelajaran di dalam kelas yang memiliki beragam gaya belajar siswa. Gaya belajar dalam diri siswa perlu dioptimalkan sehingga siswa dapat belajar dengan efektif berdasarkan cara yang tepat bagi mereka. Oleh karena itu, guru memerlukan metode pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa dalam menyajikan proses pembelajaran matematika yang mudah. Dengan demikian, tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji secara literatur tentang pentingnya metode pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa dalam menyajikan proses pembelajaran matematika yang lebih efektif. Hal ini penting karena metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa menolong siswa menyerap dan mengelola informasi dengan mudah serta membuka ruang untuk belajar dengan cara mereka. Dengan begitu, pengalaman belajar bisa lebih mudah dan efektif bagi siswa. Guru disarankan untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat serta merancang pembelajaran yang tidak hanya terfokus pada satu gaya belajar saja. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan dalam alkitab bahwa didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya salah satunya melalui metode pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa.