Daftar Isi:
  • Kondisi kelas yang kondusif didukung oleh keberhasilan pembelajaran yang melibatkan kedisiplinan dalam pelaksanaannya. Kenyataan akan ketidakdisiplinan siswa merupakan masalah yang masih ditemui di sekolah oleh karena itu usaha guru dalam menerapkan reward dan konsekuensi diharapkan mampu untuk membentuk kedisiplinan siswa dalam menaati aturan maupun berperilaku baik menyadari pentingnya kedisiplinan dalam pendidikan Kristen. Proyek akhir ini disusun dengan menggunakan metode kajian literatur dan observasi lapangan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan reward dan konsekuensi dalam pembentukan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil kajian literatur dan observasi lapangan maka ditemukan hasil bahwa penerapan reward dan konsekuensi menunjukan hasil yang positif dalam pembentukan disiplin ditandai dengan tercapainya indikator kedisiplinan yaitu siswa lebih aktif dalam diskusi kelas, mendengarkan instruksi dengan baik, dan fokus. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan reward dan konsekuensi dapat membentuk kedisiplinan siswa yang dalam pelaksanaannya disarankan untuk tetap menerapkannya berdasarkan prinsip yang tepat yaitu kasih dan keadilan. Kata Kunci: Pendidikan Kristen, Reward dan Konsekuensi, Kedisiplinan Siswa