Penerapan kahoot untuk menarik perhatian siswa kelas x ips pada mata pelajaran biologi lintas minat
Main Author: | Parera, Stasia Veronica |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5504/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5504/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5504/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5504/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5504/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5504/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5504/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5504/ |
Daftar Isi:
- Penulisan proyek akhir ini dilakukan setelah penulis melihat keadaan di lapangan yang menunjukkan sikap tidak memerhatikan siswa dalam pembelajaran biologi kelas X IPS. Tujuan penulisan proyek akhir ini adalah untuk mengkaji penerapan Kahoot untuk menarik perhatian siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Biologi lintas minat. Studi dilakukan dengan teknik kajian literatur dan berdasarkan data dari PPL 2 di salah satu Sekolah di Jakarta. Perilaku tidak memerhatikan siswa ditunjukkan melalui siswa yang mengantuk dan mengobrol dengan temannya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan suatu peningkatkan kualitas pembelajaran agar dapat menumbuhkan perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini tentunya dituntut peran dari seorang guru untuk lebih peka dalam menyadari akan kondisi belajar siswa kemudian menerapkan media pembelajaran yang sesuai. Guru juga perlu menyadari bahwa segala usaha yang dilakukan guru untuk menarik perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran merupakan sebuah pertanggungjawaban kepada Allah. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan Kahoot mampu menarik perhatian siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Biologi lintas minat. Saran yang pertama ditujukan kepada pihak sekolah yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, kedua ditujukan kepada guru yaitu menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan seperti media Kahoot.