Daftar Isi:
  • Pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan interaksi antara guru dan siswa sebagai mencapai suatu tujuan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru diharuskan untuk menjalankan perannya dengan penuh tanggung jawab. Apabila dalam suatu kelas ada perilaku yang tidak mendukung proses pembelajaran, maka guru harus mampu mengambil tindakan dengan benar. Manajemen kelas sangat diperlukan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, serta mencegah terjadinya permasalahan di kelas. Perilaku mengganggu yang siswa lakukan dalam proses pembelajaran harus mendapatkan penanganan dari guru karena akan menimbulkan dampak terhadap siswa lainnya. Namun, dalam menyikapi permasalahan ini guru harus tetap melihat bahwa siswa adalah citra Allah, sekalipun perilakunya tidak sesuai dengan kebenaran Allah. Guru berperan untuk membawa siswa kepada perubahan perilaku, serta menyadarkan siswa mengenai perilakunya yang salah. Oleh sebab itu, studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam menangani perilaku mengganggu (disruptive behavior) siswa pada proses pembelajaran di kelas. Pendekatan pemecahan masalah yang digunakan adalah metode studi literatur. Dengan demikian, guru dapat melakukan pendekatan personal dalam manajemen kelas yang baik sebagai perannya menangani perilaku siswa yang mengganggu di kelas.