Pentingnya pengelolaan kelas dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika
Main Author: | Laoli, Charles |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5438/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5438/2/Abstrak%20TA2.pdf http://repository.uph.edu/5438/3/File%203-2-4.pdf http://repository.uph.edu/5438/4/File%203-5-30.pdf http://repository.uph.edu/5438/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5438/6/File%203-31-33.pdf http://repository.uph.edu/5438/7/File%203-34-35.pdf http://repository.uph.edu/5438/ |
Daftar Isi:
- Perilaku siswa di kelas merupakan cerminan dari pembelajaran yang sedang berlangsung. Tindakan seperti mengobrol dengan teman sebangku, tidak fokus, kurang bersemangat merupakan gambaran dari siswa yang tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran. Minat belajar siswa sangat mempengaruhi siswa dalam mengikuti pelajaran. Salah satu faktor yang dipengaruhi oleh minat ialah proses belajar. Maka dari itu, guru sebagai pengelola kelas bertanggung jawab dalam mengatur lingkungan kelas menjadi efektif untuk belajar. Pengelolaan kelas yang baik adalah kelas yang menantang, nyaman dan menarik agar siswa tertarik untuk belajar, terutama mata pelajaran matematika. Kondisi kelas yang kondusif diharapkan menumbuhkan minat belajar, sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan antusias. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini ialah memaparkan pentingnya pengelolaan kelas dalam menumbuhkan atau meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Pengelolaan kelas merupakan bentuk dari sikap guru menghargai siswa sebagai gambar dan rupa Allah, maka guru harus mengelola kelas dengan sungguh-sungguh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa guru harus bisa menciptakan iklim belajar-mengajar yang tepat, mengatur ruangan belajar, dan mengelola interaksi belajar-mengajar. Maka dari itu, guru perlu memberikan kalimat-kalimat motivasi dan mengatur lingkungan belajar agar mendorong siswa untuk semangat belajar.