Pentingnya kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian guru Kristen dalam mencapai keberhasilan mengajar
Main Author: | Senolinggi, Lisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5429/43/Title.pdf http://repository.uph.edu/5429/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5429/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5429/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5429/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5429/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5429/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5429/ |
Daftar Isi:
- Tujuan pendidikan yang ultima yakni membawa siswa kepada pengenalan akan Allah. Pencapaian tujuan dari pendidikan tidak terlepas dari keberhasilan seorang guru dalam mengajar. Keberhasilan seorang guru dalam mengajar dapat terlaksana dengan cara menjadi representasi Kristus di dalam kelas melalui kemampuan penguasaan kompetensi. Namun pada kenyataannya, kompetensi tersebut belum sepenuhnya dapat dikuasai oleh guru pada saat melakukan praktik mengajar di kelas XI selama PPL 2. Guru kurang menguasai materi, belum terampil dalam mengajar siswa dan belum mampu bertindak dengan tepat dalam menghadapi perilaku siswa. Tujuan penulisan proyek akhir ini adalah untuk mengkaji pentingnya kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian dalam mencapai keberhasilan mengajar di kelas XI. Dari hasil kajian, ditemukan bahwa kedua kompetensi tersebut merupakan salah satu cara agar seorang guru dapat merepresentasikan Kristus yang merupakan teladan sempurna dalam melakukan praktik pengajaran sehingga dengan meneladani-Nya, guru dapat mencapai keberhasilan mengajar. Selain itu, seorang guru yang mampu merepresentasikan Kristus berarti telah mencapai tujuan pendidikan yakni memperkenalkan siswa kepada Allah. Untuk penulisan selanjutnya disarankan agar kajian kompetensi sosial dan kompetensi pedagogik disertakan juga karena kedua kompetensi tersebut memiliki kesatuan dengan kompetensi yang dibahas pada proyek akhir ini sehingga keberhasilan mengajar dapat diperoleh melalui pemahaman kompetensi guru secara utuh.