Daftar Isi:
  • Pendidik harus mampu melihat dan memahami kebutuhan siswa sehingga melalui pendidikan siswa bukan hanya belajar akan tetapi siswa juga dapat mengalami satu pengalaman hidup yang baik. Siswa juga diharapkan mampu mengembangkan dirinya melalui pengetahuan dan karakternya dalam mengaplikasikan nilai-nilai Kristiani dalam kehidupanya sehari-hari. Salah satu aplikasinya adalah karakter disiplin melalui prosedur kelas yang diterapkan oleh guru di dalam pembelajaran. Permasalahan yang terjadi berdasarkan fakta dilapangan yaitu siswa tidak mendengarkan instruksi, tidak memperhatikan arahan guru, siswa kurang menghargai guru dan siswa yang lain, mencari perhatian dan mengganggu temanya saat pembelajaran berlangsung untuk itu guru juga harus menjadi teladan disiplin itu sendiri agar siswa juga melihat kedisiplinan itu di dalam diri guru. Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan penerapan prosedur kelas untuk meningkatkan kedisiplinan pada pembelajaran Penjas-Orkes SD kelas VI. Guru harus konsisten dalam menerapkan prosedur kelas dan ikut menjalankanya agar siswa dapat melihat teladan guru sebagai teladan disiplin. Guru juga harus aktif dalam menjalankan prosedur yang sudah disepakati bersama. Kata Kunci: Pendidikan, Guru, Kesepakatan dan Prosedur, Disiplin