Daftar Isi:
  • Disiplin merupakan salah satu kebiasaan yang harus ditanamkan kepada siswa untuk membentuk karakter sesuai tata tertib yang berlaku. Siswa kelas III SD dalam proses pembelajaran merupakan siswa yang aktif dan energik terlihat dari sikap semangat yang ditunjukkan. Sikap semangat yang ditunjukkan oleh siswa kelas III SD ini terkadang tidak mampu mereka kontrol sehingga menimbulkan keributan dan menunjukkan sikap tidak disiplin. Menanamkan disiplin kepada siswa memiliki tujuan untuk membantu dalam memiliki masa depan yang lebih baik dengan membiasakan melakukan sesuatu yang sesuai dengan peraturan. Mendisiplinkan siswa salah satu caranya dengan penerapan reward dan konsekuensi negatif. Penerapan reward dan konsekuensi negatif sebagai bentuk penguatan perilaku positif siswa menjadi lebih baik lagi dan bentuk kasih sayang seorang guru terhadap siswanya dengan mengapresiasi hasil kerja mereka sehingga mereka lebih semangat dan memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan supaya tidak terulang lagi. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penulisan ini untuk mengkaji lebih dalam tentang penerapan reward dan konsekuensi negatif untuk mendisiplinkan siswa dengan menggunakan kajian literatur. Oleh karena itu, penerapan reward dan konsekuensi negatif dapat mendisiplinkan siswa kelas III SD saat proses pembelajaran dan guru juga dapat melakukannya dalam kelas dengan syarat-syarat dari reward dan konsekuensi negatif itu sendiri.