Daftar Isi:
  • Dunia pendidikan saat ini didominasi oleh siswa dengan perilaku yang semakin mengarah ke arah negatif, maka dari itu guru memilki peran untuk mendisiplinkan perilaku siswa yang tidak mencerminkan image of God. Tujuan penulisan kajian literatur ini untuk mengetahui penerapan konsekuensi untuk mendisiplinkan perilaku siswa dalam mata pelajaran PKn kelas VIII SMP. Dalam hal ini siswa perlu didisiplinkan karena siswa masih menunjukan perilaku tidak disiplin selama proses pembelajaran berlangsung, perilaku tidak disiplin ini seperti siswa tidak mengikuti setiap rules and procedures yang berlaku dalam kelas. Hal ini juga menunjukan bahwa siswa tidak terlepas dari natur dosa dalama dirinya, sehingga siswa tidak mampu membedakan yang berkenan dihadapan Tuhan dan yang menentang kehendak Tuhan. Hasil kajian ini menunjukan bahwa penerapan konsekuensi untuk mendisiplinkan perilaku siswa dalam pembelajaran PKn kelas VIII belum tepat, karena siswa tetap menunjukan perilaku yang tidak disiplin selama proses pembelajaran berlangsung seperti siswa tetap ribut ketika guru menyampaikan materi. Saran yang d1apat diberikan yaitu, dalam penerapan konsekuensi untuk mendisiplinkan perilaku siswa, guru harus bisa menyeimbangkan dengan pemberian reward untuk menghargai setiap usaha siswa, memiliki manajemen kelas yang baik dan ketegasan dalam diri guru.