Daftar Isi:
  • Dalam proses pembelajaran terjadi interaksi antara guru dan siswa. Respons siswa melalui interaksi tersebut dapat membantu guru untuk mengetahui perkembangan, kendala dan kebutuhan siswa. Dengan demikian, interaksi antara guru dan siswa yang kurang atau tidak baik dapat menghambat pencapaian tujuan pembelajaran yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Untuk itu tujuan penulisan karya tulis ini adalah membahas peran guru Kristen dalam membangun pembelajaran yang interaktif. Pembelajaran yang interaktif menciptakan interaksi antara guru dengan siswa, dan dapat membantu guru untuk memahami siswa dan membantu siswa mengembangkan pengetahuan dan kemampuannya. Salah satu peran guru Kristen dalam mewujudkan hal tersebut adalah menciptakan suasana belajar yang nyaman sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi dan aktif berinteraksi kepada sumber belajar. Selain itu, guru Kristen juga perlu menjalin relasi dengan siswa baik dalam maupun luar kelas untuk lebih memahami siswanya. Dalam menjalankan setiap peran tersebut, penting sekali seorang guru Kristen untuk meneladani Kristus. Pembelajaran yang interaktif belum tentu efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian disarankan kepada pembaca yang akan melakukan penelitian lanjut untuk mencari sumber yang relevan tentang pembelajaran yang efektif supaya dapat membangun pembelajaran yang interaktif dan efektif.