Implementasi reward dalam menumbuhkan perilaku disiplin belajar siswa di kelas TK A
Main Author: | Sipahelut, Ruth Naomi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5393/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5393/2/Abstrak.pdf http://repository.uph.edu/5393/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5393/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5393/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5393/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5393/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5393/ |
Daftar Isi:
- Disiplin belajar sangat penting dalam menumbuhkan perilaku siswa yang taat dan tertib di Disiplin belajar sangat penting dalam menumbuhkan perilaku siswa yang taat dan tertib di kelas. Disiplin belajar merupakan kesadaran diri seseorang dalam mengontrol dan mengendalikan diri untuk mau berusaha dalam belajar. Berdasarkan teori tahap perkembangan menurut Erikson bahwa anak prasekolah di usia empat sampai lima tahun masih sangat aktif dengan dunia sekitarnya. Hal ini terlihat dari siswa di kelas TK A yang sering ribut, mengobrol dengan teman satu meja, dan belum bisa mandiri. Dalam hal ini pentingnya peran guru dalam menumbuhkan perilaku disiplin belajar kepada siswa melalui proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk dapat menumbuhkan perilaku disiplin belajar yaitu dengan menerapkan reward di dalam kelas. Guru Kristen memiliki tugas dan peran sebagai pelayan dan penuntun dalam mendidik dan membimbing siswa yaitu dengan kasih Kristus. Oleh karena itu, tujuan dari paper ini adalah menjelaskan cara-cara dalam menumbuhkan perilaku disiplin belajar siswa melalui penerapan reward supaya perilaku disiplin belajar tersebut dapat diterapkan oleh siswa. Dalam hal ini, guru Kristen harus memiliki hati yang mau meresponi perilaku yang dilakukan siswa, dan bertanggung jawab dalam mendidik dan mendisplinkan perilaku tersebut menjadi pribadi yang lebih baik.