Kajian penerapan metode tanya jawab variatif terhadap pemahaman konsep siswa kelas X dalam pembelajaran biologi
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di dalam kelas sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, permasalahan yang terjadi pada sebuah sekolah yang terletak di daerah Tangerang adalah kurang pemahaman konsep dari siswa dilihat dari hasil belajar dan interaksi siswa di kelas. Tujuan dari penulisan paper ini adalah melihat pengaruh dari metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu metode tanya jawab untuk membantu dalam pembelajaran Biologi yang dapat membuat siswa mengerti konsep-konsep yang ada dalam materi pembelajaran Biologi. Kejatuhan manusia di dalam dosa menjadikan manusia melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan, sebagai contoh siswa yang kurang belajar, tidak bersemangat, tidak ingin berpartisipasi aktif dalam kelas, pembelajaran yang tidak menarik, dan menggunakan metode yang tidak cocok yang dipilih oleh guru di dalam kelas. Untuk bisa menciptakan kondisi pembelajaran yang lebih baik maka metode tanya jawab yang dilengkapi dengan langkah-langkah yang sangat baik, dapat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode ini mudah dilakukan, dapat merangsang cara berpikir siswa dalam memproses dan memahami konsep materi. Hasil yang didapatkan setelah menggunakan metode tanya jawab yaitu 75% meningkat, 14% menurun, 11% nilai tetap dan membuat siswa semakin aktif di dalam kelas. Metode tanya jawab dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk dapat membuat siswa semakin aktif dan mudah memahami konsep-konsep materi pembelajaran biologi. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Metode Tanya jawab, Hasil Belajar