Implementasi metode belajar kelompok dengan media gambar dalam peningkatan keaktifan belajar siswa kelas I SD
Main Author: | Purba, Evita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5348/37/Title.pdf http://repository.uph.edu/5348/2/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5348/3/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5348/4/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5348/5/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5348/6/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5348/ |
Daftar Isi:
- Siswa merupakan gambar dan rupa Allah yang dikaruniai fisik dan akal budi. Dengan adanya fisik dan akal budi, siswa mampu mengerjakan aktivitasnya sebagai pelajar di sekolah. Siswa harus memiliki keaktifan dalam belajar untuk mempermudah proses pembelajaran. Hasil observasi penulis selama mengajar di kelas I SD menunjukkan siswa di kelas tersebut kurang aktif dalam belajar. Untuk menangani hal tersebut, penulis menerapkan metode belajar kelompok dengan media gambar untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil implementasi metode belajar kelompok dengan media gambar untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas I SD. Setelah melakukan penelitian singkat, maka didapatkan hasil bahwa keterlibatan siswa dalam belajar semakin meningkat pada saat penerapan metode belajar kelompok dengan media gambar. Terdapat juga peningkatan persentase jumlah siswa yang aktif dari 52% menjadi 76%. Hal ini membuktikan bahwa metode belajar kelompok dengan media gambar berhasil meningkatkan keaktifan belajar di kelas I SD.