Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan sebuah proses dan cara mengubah sikap, tingkah laku dan cara pandang seseorang ke arah yang lebih baik dalam pembelajaran yang terjadi. Pembelajaran matematika telah dilakukan pada kelas X di sebuah sekolah Kristen. Pada saat mengajar, guru menemukan beberapa respon siswa yang kurang menunjukkan respon yang baik terhadap pelajaran matematika yang mengakibatkan proses pembelajaran tidak berjalan dengan kondusif. Respon negatif tersebut adalah ketika guru bertanya dan memberikan soal untuk dikerjakan beberapa siswa lebih banyak memilih diam dan tidak mengerjakan soal yang diberikan. Dari masalah tersebut guru menggunakan imbalan dalam pembelajaran matematika dengan harapan guru dapat membentuk respon positif siswa di dalam pembelajaran matematika. Respon positif yang ingin dibentuk adalah siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dan berinisiatif dalam proses pembelajaran. Instrumen yang guru gunakan adalah wawancara siswa dan refleksi mengajar guru. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memaparkan penggunaan imbalan dan respon positif siswa terhadap pembelajaran Matematika serta memahami peran pendidik dalam membentuk respon positif siswa dalam pembelajaran Matematika. Hasil dari makalah ini menunjukkan adanya perubahan respon siswa yang lebih baik dalam pembelajaran matematika. Kekristenan percaya bahwa imbalan yang akan Kristus berikan adalah mahkota kerajaan Allah jika kita dapat berespon secara positif atas apa yang sudah dikehendakiNya dalam kehidupan orang Kristen. Respon siswa dalam pembelajaran merupakan cerminan hidup Kristen, sehingga guru perlu meningkatkan respon positif siswa dalam pembelajaran matematika dan bagaimana semestinya siswa berespon dalam pembelajaran.