Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang kondusif dan efektif dapat terjadi jika semua yang terlibat dalam pembelajaran dapat bekerja sama dengan baik. Siswa diharapkan dapat berperilaku disiplin sehingga proses pembelajaran yang kondusif dapat terlaksana. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah siswa melakukan perilaku tidak disiplin di dalam kelas seperti mengobrol, berbicara terlalu keras, berbisik-bisik, mengganggu teman, dan sebagainya dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan upaya guru dalam menangani perilaku siswa yang tidak disiplin dalam pembelajaran di kelas. Guru Kristen diberi tanggung jawab untuk membantu murid bertumbuh semakin serupa Kristus sehingga guru perlu melakukan upaya-upaya untuk menangani perilaku siswa yang tidak disiplin yang terjadi di kelas. Upaya yang dilakukan guru dalam menangani perilaku siswa yang tidak disiplin di kelas yaitu, isyarat nonverbal seperti berdiri dari tempat duduk dan menjelaskan materi sambil berjalan-jalan, menegur siswa secara lisan, menerapkan konsekuensi, memindahkan posisi tempat duduk, memberi tugas kepada siswa, memilih satu orang bertanggung jawab untuk menjaga ketertiban di kelompok masing-masing, menggunakan volume suara yang sesuai, dan menerapkan ice breaking. Guru diharapkan untuk terus belajar memperkaya diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang baik sehingga dapat menangani perilaku siswa yang tidak disiplin di kelas.