Upaya guru dalam menekan perilaku menyimpang siswa melalui reward and punishment di kelas IV
Main Author: | Oraplean, Yono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5319/45/Title.pdf http://repository.uph.edu/5319/8/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5319/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5319/4/Praktik%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5319/46/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5319/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5319/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5319/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan bagian sangat penting bagi kehidupan manusia. Dalam suatu negara pendidikan sangat diperlukan untuk memajukan generasi yang akan datang. Namun banyak masalah yang sedang terjadi saat ini terkait dengan masalah pendidikan salah satunya perilaku menyimpang. Perilaku menyimpang merupakan suatu masalah yang saat ini sedang melanda banyak sekolah. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas IV, menunjukkan bahwa perilaku menyimpang yaitu siswa yang bertengkar, mengobrol dengan teman dan tidak memperhatikan guru. Proyek akhir ini ditulis melalui lembar observasi, refleksi, dan umpan balik mentor. Manusia telah berdosa sehingga bukan hal baru bila manusia bisa bertengkar satu dengan yang lain. Menanggapi perilaku siswa tersebut guru melakukan beberapa upaya untuk dapat mengurangi perilaku tersebut. Upaya yang guru lakukan adalah memanggil siswa yang bertengkar juga menerapkan reward and punishment. Sehingga tujuan penulisan proyek akhir ini adalah untuk melihat upaya dan strategi apa yang dapat guru lakukan untuk mengurangi perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa kelas IV. Berdasarkan teori-teori yang dikaji, ditemukan bahwa reward and punishment dapat menjadi strategi mengajar yang dapat digunakan dalam upaya mengurangi perilaku menyimpang di sekolah, sehingga siswa dapat bertumbuh dan memiliki karater Kristus.