Peran guru sebagai fasilitator dan mediator dalam mengembangkan keaktifan siswa melalui metode diskusi
Main Author: | Sihombing, Nia Agata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5293/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5293/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5293/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5293/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5293/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5293/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5293/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5293/ |
Daftar Isi:
- Peran guru sebagai fasilitator dan mediator harus mempersiapkan siswa untuk belajar dengan merancang rencana pelajaran, strategi pembelajaran, dan metode pembelajaran. Deskripsi kegiatan siswa yang aktif memiliki keinginan memberikan pertanyaan, bertanggung jawab menyelesaikan tugas, dan memahami materi pembelajaran. Pengamatan menunjukkan bahwa beberapa siswa masih pasif, siswa tidak pernah menjawab sebelum guru bertanya kepada siswa secara pribadi. Salah satu metode yang dapat mempengaruhi perkembangan kegiatan belajar siswa adalah metode diskusi kelompok. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menentukan peran guru sebagai fasilitator dan mediator penting dalam membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta mengetahui metode diskusi. Makalah ini menyimpulkan bahwa peran guru sebagai fasilitator dan mediator sangat penting dalam membantu siswa mengembangkan kegiatan mereka, dan metode diskusi adalah metode yang efektif untuk mengembangkan kegiatan siswa. Saran yang dapat diberikan adalah bahwa guru perlu bertindak sebagai fasilitator dan mediator dalam mengajar siswa dengan menggunakan metode diskusi untuk membantu meningkatkan aktivitas siswa, selain peneliti berikutnya, disarankan untuk menggunakan metode diskusi dalam mata pelajaran yang lebih bervariasi.