Daftar Isi:
  • Ilmu pengetahuan sosial adalah pembelajaran yang memberikan konsep-konsep penting dalam nilai-nilai sosial. Kurangnya penekanan akan konsep-konsep yang penting dari guru kepada para murid serta kurang tepatnya bahan diskusi yang diberikan menyebabkan hasil belajar yang rendah. Peran guru sangat dibutuhkan dalam mengatasi hal tersebut. Guru perlu mengkaji kembali karakteristik kelas yang diajarnya agar dapat menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk digunakan. Penggunaan metode yang tepat sesuai dengan karakteristik kelas akan mempermudah guru dan murid untuk mencapai tujuan belajar. Selain itu, guru Kristen juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak hanya sebatas memenuhi standar kompetensi guru. Mereka juga harus dapat memperkenalkan Yesus kepada para muridnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah metode kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam kajian literatur ini adalah kajian literatur. Hasil dari kajian yang telah dilakukan adalah metode kooperatif tipe team game tournament dapat meningkatkan hasil belajar para murid di dalam kelas. Para guru perlu memiliki rasa peka terhadap karakteristik kelas yang diajar sehingga dapat menerapkan metode yang sesuai dengan kelasnya.