Daftar Isi:
  • Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dari tanggal 30 Juli-13 Agustus 2019. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI A pada salah satu sekolah Kristen di Tangerang Selatan, sebanyak 22 siswa. Selama pelaksanaan penelitian ini, penulis menemukan beberapa masalah dalam pembelajaran, contohnya siswa kurang memahami materi, kurang bersemangat, sibuk mengerjakan hal lain pada saat pembelajaran berlangsung dan ribut. Setelah berdiskusi dengan guru mentor, penulis menerapkan metode Discovery Learning sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Penulisan makalah ini bertujuan untuk menguraikan metode Discovery Learning dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa. Penggunaan metode ini dapat mengembangkan keaktifan belajar siswa terbukti melalui keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru dan teman sebayanya. Hal ini tertuang dalam jurnal refleksi penulis, presentase aspek penggunaan metode pada lembar umpan balik mentor sebesar 100% serta melalui kajian literatur. Saran penulis bagi peneliti selanjutnya, agar melaksanakan tahapan penilaian karena akan sangat membantu untuk melihat lebih dalam pengaruhnya terhadap keaktifan belajar siswa. Penerapan metode Discovery Learning dalam penelitian ini, belum dilakukan secara mendalam maka tidak cukup untuk mengukur pengaruhnya secara permanen sehingga dibutuhkan waktu yang lebih lama. Melalui penerapan metode ini, siswa memiliki relasi sama seperti Tuhan Allah yang berelasi serta dapat berpikir dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran sebagai wujud tanggung jawab terhadap anugerah Allah.