Daftar Isi:
  • Perilaku tidak taat terhadap peraturan yang telah ditetapkan merupakan sikap tidak disiplin. Berdasarkan hasil observasi penulis di salah satu Sekolah Taman Kanak-kanak pada tanggal 10 Juli-9 Agustus 2019, di kelas TK A1 dengan jumlah siswa 17 orang (8 perempuan dan 9 laki-laki), terlihat perilaku siswa yang tidak disiplin pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, perilaku siswa yang tidak disiplin ialah ribut di dalam kelas, bercerita dengan teman, bermain pada saat guru mengajar, dan jalan-jalan di dalam kelas. Oleh karena itu, guru memutuskan menggunakan reward dan punishment untuk membentuk sikap disiplin siswa. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk sikap disiplin siswa TK A1 melalui pemberian reward dan punishment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sikap disiplin siswa sejak usia dini dan melalaui pemberian reward dan punihment guru dapat mengajarkan sikap disiplin kepada siswa. Penulis menyarankan kepada guru atau peneliti yang akan menggunakan reward dan punishment di dalam kelas, sebaiknya menggunakan reward yang sesuai dengan umur dan kondisi siswa dan guru harus memiliki ketegasan dan kekonsistenan pada saat menerapkan hukuman kepada siswa.