Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang aktif terlihat apabila siswa melibatkan seluruh aspek diri seperti indra, akal, ingatan dan emosi. Keaktifan siswa dalam pembelajaran juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa tersebut. Siswa yang sama sekali tidak berminat dalam pembelajaran akan sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran. Minat belajar yang rendah menjadi masalah utama yang dibahas dalam tulisan ini. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa siswa tidak menunjukkan minat belajar berdasarkan hasil observasi di kelas VB. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui apakah media PowerPoint dapat menarik minat belajar siswa di kelas VB di salah satu sekolah Kristen di Tangerang. Pada umur 7-11 tahun, anak memiliki kebutuhan visual dalam pembelajaran. Oleh sebab itu guru harus menjadikan kelas menjadi tempat belajar yang efektif dan menyenangkan. Penggunaan PowerPoint bertujuan untuk mempermudah pembelajaran dan pemberitaan kabar baik Kristus di dalam kelas. Untuk menarik minat belajar siswa, guru menggunakan media PowerPoint untuk mengomunikasikan pembelajaran kepada siswa. Selama penerapan penggunaan media PowerPoint siswa memiliki minat belajar yang terlihat dari antusiasme dan keseriusan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian disimpulkan bahwa media PowerPoint berhasil menarik minat belajar siswa. Guru disarankan agar memanfaatkan PowerPoint untuk mengajar pada pembelajaran IPA dan sekolah diharapkan dapat menyediakan pelatihan guru dalam pembuatan PowerPoint yang menarik.