Penggunaan Reward dan Punishment pada siswa kelas V SD
Main Author: | Riska, Citra Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5197/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5197/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5197/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5197/4/Praktek%20pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5197/5/kajian%20filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5197/6/Bibliografy.pdf http://repository.uph.edu/5197/7/Apendices.pdf http://repository.uph.edu/5197/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan adalah hal yang penting dalam kehidupan. Melalui peran guru, siswa memperoleh pengetahuan dan pembentukan sikap salah satunya disiplin. Terdapat perbedaan guru dalam mendisiplinkan siswa. Pada praktiknya, seringkali pendidik lupa menjelaskan tujuan dari pendisiplinan tersebut sehingga siswa menjadi takut dengan upaya pendisiplinan yang dilakukan. Tujuan penulisan ini adalah untuk melihat penggunaan reward dan punishment pada siswa kelas V SD. Melalui penggunaan reward dan punishment yang dilakukan, diharapkan siswa mampu lebih disiplin dalam pembelajaran sehingga kondisi kelas lebih kondusif. Berdasarkan hasil penggunaan reward dan punishment yang dilakukan, siswa mampu memiliki kedisiplinan dalam belajar dan mampu menaati peraturan yang diterapkan di kelas. Dengan demikian, dalam praktik mengajar, penulis mampu mengelola kelas. Manusia dalam konteks ini adalah siswa, merupakan ciptaan Allah yang unik dan telah jatuh dalam dosa. Oleh sebab itu guru berperan sebagai agen pemulihan di sekolah. Guru terlebih dahulu harus mengalami pemulihan dalam dirinya supaya mampu menjadi agen pemulihan dalam diri siswa. Dengan demikian, guru mampu melihat siswa sebagai gambar dan rupa Allah yang membutuhkan pemulihan. Saran untuk guru adalah guru harus mampu melihat siswa sebagai gambar dan rupa Allah yang butuh pemulihan, sehingga dalam menerapkan kedisiplinan guru dapat memberikan reward dan punishment yang tepat sesuai dengan perilaku yang diharapkan.