Penerapan peraturan disertai dengan pemberian konsekuensi untuk mendisiplinkan siswa kelas VI
Main Author: | Kristanto, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5193/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5193/8/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5193/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5193/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5193/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5193/6/Blibiography.pdf http://repository.uph.edu/5193/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5193/ |
Daftar Isi:
- Penerapan peraturan dengan konsekuensinya dikarenakan terdapat siswa yang berperilaku tidak disiplin dalam belajar. Misalnya, siswa mengobrol ketika guru menjelaskan, membuat kegaduhan, menyela guru saat menjelaskan, yang mengakibatkan kelas menjadi tidak kondusif. Tujuan dari karya tulis ini adalah untuk mendeskripsikan langkah penerapan peraturan dengan konsekuensinya dan mendeskripsikan disiplin belajar siswa ketika diterapkan peraturan dengan konsekuensinya secara konsisten. Peraturan dengan konsekuensinya diberikan untuk menyatakan keadilan dan kebanaran Firman Allah, seperti tertulis di dalam 2 Tim. 3:16, sehingga di dalam menerapkannya guru hendaknya tidak hanya mengoreksi tetapi guru mampu membimbing siswa dalam menyadari kesalahan untuk mengubah perilaku buruknya. Adapun, langkah dalam penerapan peraturan dengan konsekuensinya adalah 1) mengamati perilaku siswa, 2) membuat peraturan, 3) menjelaskan konsekuensi 4) menerapkan secara konsisten, 5) guru harus menjadi teladan dalam melakukan peraturan yang berlaku. Kondisi disiplin belajar siswa ketika diterapkan peraturan dengan konsekuensinya ini meliputi berpartisipasi aktif, mengumpulkan tugas tepat waktu, tindakan menyela guru ketika sedang menjelaskan berkurang. Dalam menerapkan ini, hendaknya dilakukan secara konsisten dan tegas agar siswa terpola dengan peraturan yang berlaku.