Peran guru dalam menumbuhkembangkan kepercayaaan diri siswa dalam pembelajaran matematika
Main Author: | Patandung, Arniati Bintan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5186/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5186/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5186/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5186/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5186/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5186/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5186/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5186/ |
Daftar Isi:
- Kepercayaan diri atau keyakinan akan kemampuan siswa dapat membangun energi positif yang berguna untuk menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan secara maksimal. Akan tetapi kenyataan yang didapatkan di kelas yaitu beberapa siswa merasa tidak yakin akan kemampuannya yang mengakibatkan siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan. Siswa juga cenderung untuk mudah menyerah dan malas mencoba ketika diberikan soal yang lebih sulit daripada biasanya, alasannya karena mereka berpikir tidak mampu untuk menyelesaikannya. Tuhan memanggil setiap guru Kristen untuk mampu mengembangkan kelas menjadi sebuah komunitas untuk belajar agar siswa merasa berada dalam lingkungan yang peduli terhadapnya sehingga siswa mampu untuk menggunakan kemampuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penulisan makalah ini yaitu melihat peran guru dalam menumbuhkembangkan kepercayaan diri siswa dalam pelajaran matematika. Peran guru dalam menumbuhkembangkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran yaitu dengan memperhatikan faktor penyebab rendahnya kepercayaan diri siswa dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru dapat menumbuhkan konsep diri, memberikan motivasi serta dorongan, latihan soal, review dan evaluasi kepada siswa untuk lebih yakin akan kemampuannya untuk memuliakan Tuhan. Saran bagi guru lain yaitu sebaiknya memberikan kuesioner ataupun wawancara terlebih dahulu untuk mengumpulkan data rendahnya kepercayaan diri siswa sehingga guru dapat menentukan strategi yang tepat sesuai kebutuhan siswa.