Peran guru dalam menerapkan rules and procedure untuk meningkatkan disiplin siswa dalam proses pembelajaran
Main Author: | Siahaan, Sry Handayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5163/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5163/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5163/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5163/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5163/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5163/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5163/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5163/ |
Daftar Isi:
- Disiplin siswa merupakan salah satu aspek yang dapat mendorong berjalannya proses pembelajaran dengan kondusif. Fakta yang terjadi pada saat guru menerangkan materi pelajaran, beberapa siswa keluar masuk kelas tanpa meminta ijin kepada guru, siswa berbicara dengan temannya pada saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran, beberapa siswa meletakkan tas tidak pada tempatnya, ada siswa yang menggunakan gadget di luar konteks pelajaran dan ada siswa yang mengintervensi guru melalui pertanyaan di luar materi pelajaran. Oleh karena itu, kajian literatur ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam menerapkan rules and procedure untuk meningkatkan disiplin siswa dalam proses pembelajaran. Peran Guru Kristen sebagai rekan sekerja Allah diharapkan dapat menjadi teladan dan dapat membimbing siswa agar perilaku siswa tidak menyimpang dari kehendak Allah. Hasil kajian menunjukkan bahwa rules and procedure penting untuk diterapkan guna meningkatkan disiplin siswa dalam proses pembelajaran. Karena dengan adanya rules and procedure siswa dapat mengetahui batasan-batasan dalam bertindak, seperti tidak keluar kelas tanpa seizin guru dan memperhatikan serta mendengarkan guru di kelas. Saran kepada sekolah untuk melakukan evaluasi terhadap penerapan dan keberhasilan rules and procedure serta kepada guru agar menerapkan peraturan yang tepat dan dapat diterapkan secara konsisten.