Pentingnya pemberian reward and punishment terhadap kedisiplinan anak didik pada pendidikan Kristen
Main Author: | Lumban Batu, Jeremy March |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5153/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5153/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5153/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5153/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5153/5/Kajian%20Filosofi%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5153/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5153/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5153/ |
Daftar Isi:
- Dalam konteks pendidikan Kristen, pendidik atau anak didik adalah manusia yang berdosa. Hal tersebut membuat pendidik Kristen terkadang keliru dalam menerapkan berbagai teori belajar terkusus reward and punishment. Kekeliruan tersebut terlihat dari pendidik yang tidak menggunakan reward and punishment dalam mengabarkan, menggembalakan dan mengarahkan anak melalui proses pembelajaran agar anak memiliki sikap disiplin. Dosa juga membuat anak didik yang tidak disiplin dalam proses pembelajaran. Dari permasalahan-permasalahan tersebut, pendidik Kristen dalam penebusan setiap hari perlu memahami pentingnya pemberian reward and punishment sebagai upaya mendisiplinkan anak didik sehingga penerapannya dapat sesuai dengan perspektif Kristen. Reward and punishment yang berasal dari paham behaviorisme digunakan oleh pendidik Kristen untuk mengabarkan, menggembalakan dan menunjukan arah kepada anak didik dalam bertingkah laku sehingga anak didik dapat memiliki sikap disiplin. Oleh karena itu, tujuan penulisan ini adalah 1) mengetahui pentingnya pemberian reward and punishment terhadap kedisiplinan anak didik pada pendidikan Kristen, 2) menjelaskan teori reward and punishment dalam pembelajaran yang mendidik dari segi perspektif Kristen. Saran yang dapat disampaikan adalah untuk menerapkan teori reward and punishment dengan prinsip yang sesuai dengan tulisan ini serta mengembangkan penelitian pemberian reward and punishment sesuai perspektif Kristen melalui Penelitian Tindakan Kelas.