Upaya guru dalam menerapkan peraturan kelas untuk mendisiplinkan murid
Main Author: | Purba, Pitri Ana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5146/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5146/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5146/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5146/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5146/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5146/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5146/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5146/ |
Daftar Isi:
- Menjalankan perannya sebagai pelayan, penuntun, imam, guru dapat mendorong muridnya untuk mau belajar, mengembangkan bakat yang dimilikinya, serta membangun relasi yang baik satu sama lain. Dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga melatih kepribadian murid untuk melakukan peraturan dengan tidak terpaksa. Peraturan digunakan untuk menetapkan batasan yang tepat dan melatih murid untuk belajar disiplin agar tidak mudah untuk membuat kekacauan. Menyadari pentingnya peraturan adalah mengarahkan kehidupan, guru perlu mengembangkan pengelolaan kelas, menetapkan peraturan kelas, dan membuat pengajaran lebih terstruktur. Namun, kenyataan yang terjadi adalah murid tidak disiplin, murid mengobrol, tertawa kecil dan tidak mengikuti instruksi yang diberikan guru karena guru tidak mengingatkan ataupun menegaskan peraturan yang mengakibatkan kelas tidak kondusif. Melihat pentingnya penerapan peraturan kelas maka proyek akhir ini bertujuan untuk mengkaji upaya yang dapat dilakukan guru kedepannya dalam mendisiplinkan murid dengan menerapkan peraturan seperti aturan bertanya, harus sopan, menghargai setiap orang yang berbicara. Guru harus menjadi teladan dalam hal disiplin. Tuhan dari awal sudah memberikan dan mengarahkan hidup manusia supaya teratur, baik dengan larangan maupun hukum taurat. Sehingga guru perlu terus belajar memanajemen kelas dengan baik, menyepakati, menekankan, dan mengingatkan secara tegas dan konsisten peraturan kelas untuk mencapai tujuan pembelajaran.